One of The Best College Academy of Our Country

3 Perintah Dan 3 Larangan

Kamis, 10 Maret 2011


3 Perintah Dan 3 Larangan
Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam bersabda :
آمركم بثلاث و أنهاكم عن ثلاث ، آمركم أن تعبدوا الله و لا تشركوا به شيئا و تعتصموا بحبل الله جميعا و لا تفرقوا و تطيعوا لمن ولاه الله عليكم أمركم.و أنهاكم عن قيل و قال و كثرة السؤال و إضاعة المال
Aku memerintahkan tiga hal kepada kalian dan melarang kalian dari tiga hal: (1) Aku perintahkan kalian agar menyembah Allah dan jangan menyekutukan-Nya dengan sesuatu. (2) Berpegang teguhlah kalian dengan tali Allah dan janganlah berpecah belah. (3) Dan hendaklah kalian taat kepada orang yang diberi kekuasaan oleh Allah atas kalian, untuk mengurusi urusanmu. Dan aku larang kalian, dari : قيل و قال (katanya dan katanya), وكثرة السؤال (Banyak bertanya),و إضاعة المال (Menyia-nyiakan harta).
Takhrij hadits :
Imam Al-Albani menshahihkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Hibban (no. 4643) ini dalam Silsilah Ash-Shahihah no. 685.
Penjelasan hadits :
Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam memerintahkan tiga hal kepada kita agar kita memegangnya dengan kuat perintah itu, dan melarang kita dari tiga hal agar kita menjauhinya semampunya.

Beliau shallallahu’alaihi wasalam bersabda:
آمركم أن تعبدوا الله و لا تشركوا به شيئا
Aku perintahkan kalian agar menyembah Allah dan jangan menyekutukan-Nya dengan sesuatu.
Yaitu : Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam menyebutkan perintah yang paling dasar dan utama yaitu tauhid. Ini konsekwensi syahadat kita, dan karena inilah jin dan manusia diciptakan.
Kemudian beliau shallallahu’alaihi wasalam bersabda:
و تعتصموا بحبل الله جميعا و لا تفرقوا
Berpegang teguhlah kalian dengan Tali Allah dan janganlah berpecah belah.
Yaitu : berpegang teguhlah kalian semuanya tanpa kecuali dengan tali Allah yaitu Al-Qur’an, yang dimaksud adalah Al-Qur’an dan Sunnah, dan janganlah berpecah belah dengan pemahaman-pemahaman menyimpang karena mengikuti hawa nafsu yang bertentangan dengan keduanya.
Beliau shallallahu’alaihi wasalam lalu bersabda:
و تطيعوا لمن ولاه الله عليكم أمركم
Dan hendaklah kalian taat kepada orang yang diberi kekuasaan oleh Allah atas kalian, untuk mengurusi urusanmu.
Yaitu : perintah dari Rasulullah shallallahu’alaihi wasalam agar mentaati para pemimpin, yang dimaksud adalah orang yang memiliki kekuasaan dan menguasai kita dalam urusan dunia dan agama kita, sebab mereka lebih mengetahui kemaslahatan rakyatnya. Bukan lah yang dimaksud orang yang tidak menguasai kita baik itu dalam urusan dunia maupun agama walaupun orang itu dianggap lebih berhak terhadap kekuasaan itu.
Kemudian beliau shallallahu’alaihi wasalam bersabda:
و أنهاكم عن:
Dan aku larang kalian, dari :
(1) قيل و قال (katanya dan katanya)
Yaitu : percaya pada kabar burung yang tidak jelas sumbernya, tidak ada sanadnya, atau tidak shahih sanadnya. Khabar-khabar yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiyah yang tidak dilandasi oleh Al-Qur’an dan sunnah.
(2) وكثرة السؤال (Banyak bertanya)
Yaitu : banyak bertanya pertanyaan-pertanyaan yang tidak dibutuhkan, akibatnya menimbulkan banyak syubhat dan keraguan. Adapun terhadap pertanyaan yang dibutuhkan, tidak termasuk dalam larangan ini.
(3) و إضاعة المال (Menyia-nyiakan harta)
Yaitu : menghambur-hamburkan harta untuk hal yang tidak berguna, haram, batil dan mudhorot.
Wallahu’alam.
Source : Rumahku-Indah.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar