One of The Best College Academy of Our Country

Did You Know?

Selasa, 02 November 2010

Beda Ekonomi Syariah dan Ekonomi Konvensional

Krisis ekonomi yang sering terjadi ditengarai adalah ulah sitem ekonomi konvensional, yang mengedepankan sistem sebagai instrumen profitnya. Berbeda dengan apa yang ditawarkan ekonomi syariah, dengan instrumen profitnya, yaitu sistem bagi hasil. Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi kapitalis, sosialis, maupu komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada di tengah-tengah ketiga sistem ekonomi tersebut. Sangat bertolak belakang dengan kapitalis yang lebih bersifat individual, sosialis yang memberikan hampir semua tanggung jawab kepada warganya, serta komunis yang ekstrim. Ekonomi Islam menetapkan bentuk perdaganganserta perkhidnatanyang boleh dan tidak boleh ditransaksikan. Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejateraan bagi seluruh masyarakat, memberikan rasa adil, kebersamaan dan kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap pelaku usaha.

Ribaaa?? Apa sihh??

Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya). (Ar Rum : 39)

Kenapa Bunga Bank termasuk Riba???

1. Penentuan bunga dibuat pada waktu akad dengan asumsi harus selalu untung

2. Besarnya persentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjamkan

3. Pembayaran bunga tetap seperti yang dijanjikan tanpa pertimbangan apakah proyek yang dijalankan oleh pihak nasabah untung atau rugi

4. Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun jumlah keuntungan berlipat atau keadaan ekonomi sedang “booming”

5. Eksistensi bunga diragukan (kalau tidak dikecam) oleh beberapa kalangan

0 komentar:

Posting Komentar